Selasa, 29 September 2020
A- A A+

Kawasan Minapolitan

Kawasan Minapolitan Kota Pekalongan memiliki prospek investasi yang sangat menjanjikan mengingat dukungan kondisi riil wilayah yang berbasis pada kegiatan Perikanan, daya dukung yang potensial dalam pengembangan sektor perikanan dalam arti luas serta nilai strategis dalam aksesibilitas yang dimiliki kawasan tersebut.

Calon investor dapat memilih jenis usaha di Kawasan Minapolitan dari hulu ke hilir. Secara sistemik, misalnya seperti bisnis perikanan tangkap memiliki tiga dimensi, yaitu :

  1. Dimensi Hulu; terdiri dari sarana dan prasarana seperti Jalan, Jembatan, Pelabuhan, Pabrik Es, SPBN, Air dan Perbekalan. Selain itu adalah Dukungan Kebijakan, seperti perijinan, peraturan, capacity building dan sistem perkreditan;
  2. Dimensi produksi; terdiri dari input (Fishing Ground, Nelayan, Alat Tangkap dan Armada), Produksi: Proses penangkapan dan Output (Ikan hasil tangkapan);
  3. Dimensi Hilir yang terdiri dari pasca panen dan pasar.

Pengembangan zona perikanan budidaya adalah zona pendukung minapolitan dengan pengembangan minapolitan berbasis perikanan budidaya yang dapat meningkatkan perekonomian yakni Dempond udang Vaname; Pembangunan saluran tambak; Pembangunan jalan produksi tambak; dan Pengembangan dempond budidaya system polyculture dan pen culture.


 

Zona Inti Kawasan Minapolitan

Dalam jangka menengah (5 tahun) kedepan, PPNP dengan pelabuhan di sisi timur muara Sungai Pekalongan dan di tepi Laut Jawa (on-shore) secara bertahap sudah beroperasi. Dengan demikian zona inti akan berada disebelah barat dan timur muara dengan luas keseluruhan hampir 5 Ha. Zona inti mempunyai tipe pengelolaan semi privat, khususnya pada pengelolaan jaringan utilitas dan prasarana (contoh: listrik dari PLN, namun juga memiliki daya sendiri, yaitu diesel ataupun genset).

 

 

Keberadaan kawasan Minapolitan pada wilayah rawan abrasi, mendorong Pemerintah Kota Pekalongan berupaya melindungi kawasan pengembangan ekonomi strategis tersebut dengan membangun revetment (bangunan pelindung pantai) dan menyusun dokumen Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Perencanaan Kawasan Pesisir yang di dalamnya terdapat perencanaan reklamasi pantai. Berikut disajikan gambar rencana reklamasi pantai tersebut yang merupakan salah satu zona pendukung kawasan Minapolitan.

 

 

Zona Keterkaitan

Zona keterkaitan kawasan Minapolitan Kota Pekalongan meliputi seluruh wilayah Kota Pekalongan, Kabupaten Batang dan Kabupaten Pekalongan. Zona keterkaitan ini secara administratif merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Kota Pekalongan sehingga dalam kondisi sekarang maupun dalam proses pengembangan Kawasan Minapolitan Kota Pekalongan akan saling mempengaruhi baik secara geografis maupun bidang ekonomi.

 

Hubungi Kami

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan

Jl. Majapahit No. 1 Pekalongan

Telp : 0285 - 432086
Fax : 0285 - 420428
Email : oss@pekalongankota.go.id