Kamis, 02 April 2020
A- A A+

Bidang Jasa

Sektor Jasa atau services merupakan salah satu sektor prioritas dalam perekonomian Indonesia, di mana setiap tahunnya kontribusi sektor jasa terhadap PDB Nasional selalu mengalami peningkatan. Selain sektor manufaktur, sektor jasa merupakan sektor paling penting dalam perekonomian karena sektor jasa menciptakan lapangan kerja dan tentunya meningkatkan daya saing Indonesia.

Dalam 10 tahun terakhir, kontribusi sektor jasa terhadap PDB terus naik, pada tahun 2000 kontribusi sektor jasa mencapai 45% kemudian meningkat menjadi 60% pada tahun 2015 dan pada tahun 2016 sektor jasa tumbuh sebesar 7,23 persen.

Perhotelan

Hotel adalah suatu bentuk bangunan, lambang, perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, baik mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu.

Jenis Hotel dikelompokkan menjadi :

1. City Hotel

Hotel yang berlokasi di perkotaan

2. Residential Hotel

Hotel yang berlokasi di daerah pinggiran kota besar yang jauh dari keramaian kota, tetapi mudah mencapai tempat-tempat kegiatan usaha.

3. Resort Hotel

Hotel yang berlokasi di daerah pengunungan (mountain hotel) atau di tepi pantai (beach hotel)

4. Motel (Motor Hotel)

Hotel yang berlokasi di pinggiran atau di sepanjang jalan raya yang menghubungan satu kota dengan kota besar lainnya, atau di pinggiran jalan raya dekat dengan pintu gerbang atau batas kota besar.

Saat ini bisnis perhotelan di Kota Pekalongan menunjukkan peningkatan yang sangat pesat. Kota Pekalongan tampaknya masih di pandang para investor sebagai kota yang berprospek cerah untuk bisnis perhotelan. Tercatat sampai dengan tahun 2015 ada 28 usaha perhotelan yang berada di Kota Pekalongan. Termasuk 7 buah Hotel Berbintang dan kemungkinan akan bertambah jumlahnya sebab beberapa hotel berbintang masih dalam proses pembangunan.

Berikut beberapa contoh hotel berbintang yang telah berinvestasi di Kota Pekalongan :

1. Hotel Dafam

Hotel Dafam Pekalongan merupakan Hotel bintang tiga standar Internasional. Terletak di Jl. Urip Sumoharjo No. 53 Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Hotel ini berdekatan dengan pusat perkantoran dan perbelanjaan di Kota Pekalongan sehingga mempunyai akses yang mudah.

2. Hotel Horison

Hotel Horison adalah Hotel bintang tiga yang terletak di Jl. Gajah Mada Kota Pekalongan. Hotel yang didirikan oleh Metropolitan Golden Managemen ini adalah kedua di daerah Jawa Tengah setelah Purwokerto dengan fasilitas yang tidak diragukan lagi.

3. Hotel Sahid Mandarin

Hotel Sahid Mandarin merupakan Hotel berbintang tiga yang teletak di Jl. Dr. Sutomo Pekalongan Timur Kota Pekalongan. Hotel yang terletak di Kawasan Dupan Square ini mengusung tema one stop shoping and entertainment. Di depan Hotel Sahid Mandarin terdapat terminal bus Kota Pekalongan sehingga letaknya sangat strategis.

4. Hotel Namira Syariah

Hotel Namira hadir di Kota Pekalongan dengan klasifikasi bintang tiga. Terletak di Jl. Dr. Cipto No. 70 Pekalongan. Hotel yang pertama kali menawarkan konsep syariah ini sangat cocok hadir di Kota Pekalongan yang mempunyai masyarakat religius. Hadirnya Hotel bernuansa islami di Kota Pekalongan ini memberikan kesempatan masyarakat untuk bisa memilih dari sekian banyak pilihan hotel yang sesuai untuk kegiatan seminar, pertemuan ataupun kegiatan lainnya.

5. The Sidji Hotel

The Sidji Hotel hadir di Kota Pekalongan dengan klasifikasi bintang empat yang terletak di Jl. Dr. Cipto Kota Pekalongan. Hotel tersebut memadukan kearifan warisan budaya khas Kota Pekalongan dengan karakteristik modern. Pekalongan, menghubungkan berbagai kota dari Provinsi Jawa Tengah sampai Provinsi Banten. Posisi strategis tersebut menjadikan kota ini destinasi wisata, baik untuk kepentingan bisnis maupun liburan.

The Sidji Hotel memadukan kearifan lokal dan sentuhan modern. Pada tampilan arsitektur, perpaduan tersebut terwujud dalam bangunan dua bagian. Di sisi belakang, terdapat bangunan lima lantai berisikan lebih dari 84 kamar yang setiap kamarnya dirancang dengan sentuhan modern namun mempertahankan unsur tradisional.

6. Hotel Santika

Hotel Santika Pekalongan salah satu hotel berbintang 3 yang ada di kota Pekalongan adalah pilihan yang populer di kalangan wisatawan di Pekalongan, baik untuk menjelajahinya atau hanya sekedar transit. Menawarkan berbagai fasilitas dan layanan, hotel menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk bermalam dengan nyaman. Wi-Fi gratis di semua kamar, satpam 24 jam, layanan kebersihan harian, fotokopi, printer hanyalah beberapa dari berbagai fasilitas yang ditawarkan. Suasana tenang di hotel ini meluas hingga fasilitas rekreasinya yang meliputi pusat kebugaran, kolam renang (luar ruangan). Dengan layanan handal dan staf profesional, Hotel Santika Pekalongan memenuhi kebutuhan Anda.

Hotel Santika Pekalongan memiliki lantai sebanyak dengan jumlah kamar ada 109 kamar. Untuk memudahkan pelayanan, Hotel Santika Pekalongan yang beralamat di Jalan Gajah Mada No. 7A Pekalongan,

7. Hotel Pesonna

Hotel Pesona Pekalongan hadir dengan 98 kamar dengan salah satu fasilitasnya kolam renang dan Ballroom. Keunikan hotel bintang tiga ini yakni dengan tetap mempertahankan bangunan asli Pegadiaan yang sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda. Jendela yang ada memang dibiarkan apa adanya agar kesan heritage kentara pada bangunan tersebut.

Hal ini merupakan strategi pemasaran dan daya tarik tersendiri bagi para masyarakat baik dalam maupun luar negeri. Hotel yang beralamat di Jl. Dr. Cipto yang berada di belakang Kantor Pegadaian ini sendiri hadir dengan konsep syariah modern.

8. Hotel Nirwana

Terletak di pusat kota Pekalongan, tepatnya di Jl. Dr. Wahidin No. 11 Pekalongan. Hotel Nirwana merupakan hotel berbintang tiga pertama di Pekalongan yang memberikan kenyamanan khusus bagi tamunya. Hanya 5 menit berkendara dari Hypermart Shopping Center, 10 menit berkendara dari stasiun bus dan 15 menit berkendara dari Setono Batik Center.

Hotel Nirwana Pekalongan menyediakan layanan antar-jemput dari stasiun kereta api, yang dapat dicapai dalam waktu 10 menit dari Hotel. 3 Menit Dari Shopping Center 3 Menit ke Bank & Culinary Center 90 Menit ke Bandara Ahmad Yani Semarang 15 Menit untuk IBC (International Batik Center).

9. Hotel Jaya Dipa

Hotel Jaya Dipa Pekalongan yang terletak di jalur pantura tepatnya beralamatkan di Jl. Raya Baros No. 29 Kalibaros Pekalongan. Fasilitas lain yang ada di lingkungan Hotel Jaya Dipa Pekalongan yang telah disediakan oleh pihak management hotel antara lain seperti restoran dan pada umumnya di setiap hotel telah tersedia free wifi untuk mengakses internet. Hotel ini juga memili area parkir yang cukup luas dengan rate harga yang murah dan fasilitas yang cukup bersaing dengan hotel lainnya ini bisa dijadikan pilihan hotel saat anda berada di Kota Pekalongan. Dan dari beberapa type kamar ada beberapa kamar yang menyatu dengan garasi mobil sehingga terkesan lebih private dan kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil bisa masuk ke garasi di area kamar hotel.

10.Hotel Aston

Hotel Jaya Dipa Pekalongan yang terletak di jalur pantura tepatnya beralamatkan di Jl. Raya Baros No. 29 Kalibaros Pekalongan. Fasilitas lain yang ada di lingkungan Hotel Jaya Dipa Pekalongan yang telah disediakan oleh pihak management hotel antara lain seperti restoran dan pada umumnya di setiap hotel telah tersedia free wifi untuk mengakses internet. Hotel ini juga memili area parkir yang cukup luas dengan rate harga yang murah dan fasilitas yang cukup bersaing dengan hotel lainnya ini bisa dijadikan pilihan hotel saat anda berada di Kota Pekalongan. Dan dari beberapa type kamar ada beberapa kamar yang menyatu dengan garasi mobil sehingga terkesan lebih private dan kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil bisa masuk ke garasi di area kamar hotel.


Perbankan

Untuk memfasilitasi segala macam kebutuhan keuangan warga Kota Pekalongan, terdapat 25 lembaga keuangan perbankan dengan rincian 6 buah milik pemerintah, 11 buah milik swasta nasional dan 3 buah milik pemerintah daerah, serta beberapa lembaga keuangan mikro lainnya.

Warga kota Pekalongan dapat memilih layanan perbankan yang ada sesuai dengan kebutuhan atau jenis layanan yang diinginkan. Karena Kota Pekalongan merupakan Kota perdagangan industri yang didominasi oleh industri kecil dan menengah maka perlu adanya kemudahan akses pembiayaan bagi para pengusaha kecil dan menengah yang ada agar usaha mereka dapat mengalami peningkatan dan kemajuan yang pada akhirnya akan memakmurkan warga Kota Pekalongan.

Hubungi Kami

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan

Jl. Majapahit No. 1 Pekalongan

Telp : 0285 - 432086
Fax : 0285 - 420428
Email : oss@pekalongankota.go.id