Rabu, 30 April 2025
A- A A+

SAKIP

800

INFORMASI - Kota Pekalongan - Selama Tahun 2024, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat telah menerbitkan 2.894 Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui sistem Online Single Submission Risk- Based Approach (OSS-RBA). Selain itu, DPMPTSP juga menerbitkan 2.138 perizinan non berusaha melalui New Sistem Aplikasi Perizinan Online Ringkas Ekonomis (New Sakpore) pada laman http://sakpore.pekalongankota.go.id/.

Kepala DPMPTSP Kota Pekalongan, Beno Heritriono mengungkapkan bahwa, penerapan teknologi melalui New Sakpore dan OSS RBA membantu percepatan proses perizinan dan penanaman modal di Kota Pekalongan. Untuk perizinan yang diterbitkan tersebut mencakup berbagai sektor usaha yang dijalankan oleh masyarakat Kota Pekalongan dan menandakan perkembangan ekonomi yang beragam di wilayah tersebut.

Menurutnya, DPMPTSP memberikan sejumlah kemudahan pemberian izin usaha bagi investor guna meningkatkan realisasi investasi di wilayah tersebut. Sehingga, DPMPTSP terus meningkatkan kualitas layanan perizinan guna mendukung pertumbuhan dan diversifikasi sektor usaha di Kota Batik melalui berbagai kanal selain New Sakpore dan OSS RBA.

"Secara manual kami juga masih membuka ruang kepada masyarakat khususnya pelaku usaha yang mengajukan perizinan berusaha untuk datang langsung ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekalongan yang berlokasikan di sebelah Kantor DPMPTSP. Alhamdulillah sudah banyak juga pemohon yang datang langsung ke MPP yang sudah diresmikan pada 2 September 2024 lalu untuk mengurus izin usahanya. Disamping itu, kami melayani Administrasi Perizinan Melalui Layanan Keliling Terpadu (Si Aap Mlaku), dimana ada petugas kami 4 tim yang secara mobile di masing-masing kelurahan dan kecamatan,"terangnya, Kamis (23/1/2025).

Beno menjelaskan, dari jumlah NIB yang diterbitkan, ada 3 Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) paling mendominasi sepanjang Tahun 2024 yakni 1.711 izin terbit dari sektor perdagangan, 1.326 sektor perindustrian dan 638 sektor pariwisata. Dari kepengurusan itu, beberapa pemohon ada yang memperpanjang, mengurus izin baru hingga mengusulkan perubahan izin usahanya.

Beno menilai, hingga saat ini penerapan sistem OSS RBA di Kota Pekalongan sudah semakin baik meskipun terkadang masih ada kendala akses, namun dari sistem ini secara otomatis sudah tersambung dengan sistem milik Kementerian Investasi dan Hilirisasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (Kemeninveshil/BKPM) dan sudah ada medianya melalui kanal konfirmasi, dan sebagainya. Sehingga, ketika ada hambatan akses bisa segera dikoordinasikan dan terselesaikan sebaik mungkin.

Pihaknya berharap, para pelaku usaha yang mengajukan perizinan berusaha namun belum bermigrasi ke sistem OSS RBA, bisa mengajukan penyesuaian NIB nya.

"Kami dari DPMPTSP senantiasa mendampingi para pelaku usaha dalam mengurus perizinan berusahanya. Dengan harapan, capaian penerbitan izin tersebut dapat menjadi tolak ukur bagi Pemkot Pekalongan, dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif, serta dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di Kota Pekalongan,"tukasnya. (Dian)

Sumber : pekalongankota.go.id

#DPMPTSPKotaPekalongan
#Sakpore

800

INFORMASI - Penerimaan Penghargaan Staf Terbaik Periode Bulan Desember tahun 2024 DPMPTSP Kota Pekalongan. Dalam pelaksanaan Apel Pagi, Bapak Beno Heritriono, S.H., M.Si. selaku kepala DPMPTSP Kota Pekalongan memberikan penghargaan kepada Ibu Nur Fajaryanti, S.H dan Mas Agista Ramadhana B, A.Md, Pemberian Penghargaan ini rutin dilaksanakan setiap bulan dengan kriteria penilaian berdasarkan Kedisiplinan, Loyalitas, Sikap serta penampilan dalam pelaksanaan pelayanan publik dan internal rutinitas kerja di lingkungan DPMPTSP Kota Pekalongan.

Maksud dan Tujuan pemberian penghargaan staf terbaik setiap bulannya yakni untuk menambah semangat dan kedisiplinan serta kinerja dilingkuan DPMPTSP Kota Pekalonggan. Selain itu pemberian penghargaan ini merupakan bagian dari pembinaan pegawai yang bertujuan untuk meningkatkan kualiatas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pelayanan publik DPMPTSP Kota Pekalongan.

#DPMPTSPKotaPekalongan
#Sakpore

800

INFORMASI - Selamat Tahun Baru 2025, Semoga Kebaikan, Kesehatan dan Kesuksesan selalu menyertai. Doa yang terbaik untuk kita semua.

#DPMPTSPKotaPekalongan
#Sakpore

800

INFORMASI - Jangan lupa untuk pelaku usaha Menengah - Besar, menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Triwulan IV 2024 (Oktober-Desenber 2024) dan untuk pelaku usaha Kecil menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Semester II 2024 (Juli-Desember 2024), melalui sistem OSS dari tanggal 1 Januari hingga 10 Januari 2025.

#DPMPTSPKotaPekalongan
#Sakpore

800

INFORMASI - Pekalongan, 13 Desember 2024 – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekalongan menerima kunjungan kerja istimewa dari Pak T.R. Fahsul Falah, S.Sos., M.Si. selaku Kepala Pusat Strategi Kebijakan Kewilayahan, Kependudukan, dan Pelayanan Publik, Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kunjungan ini disambut langsung oleh Pak Beno Heritriono, S.H., M.Si. selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan dan tim teknis di lokasi Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekalongan.

Agenda kunjungan dimulai dengan penyambutan hangat di area MPP, di mana Kepala Pusat Strategi Kebijakan bersama rombongan diajak berkeliling untuk melihat secara langsung fasilitas serta layanan yang tersedia di MPP Kota Pekalongan. Dalam kunjungan tersebut, Kepala DPMPTSP Kota Pekalongan dan tim teknis juga memperlihatkan skema pelayanan melalui demonstrasi sistem kerja yang diterapkan, mulai dari alur pendaftaran, penerimaan layanan, proses pengolahan data, hingga penyelesaian administrasi secara terpadu.

Kunjungan yang berlangsung pada Jumat pagi tersebut menjadi momentum penting untuk membahas berbagai isu strategis terkait peningkatan pelayanan publik. Setelah disambut di area MPP, pembahasan berlanjut dalam forum diskusi yang diadakan di ruang rapat Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekalongan.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak berdiskusi mengenai inovasi pelayanan publik, evaluasi kinerja pelayanan yang ada, serta tantangan yang dihadapi di tingkat daerah. Kepala Pusat Strategi Kebijakan Kemendagri mengapresiasi upaya Kota Pekalongan dalam menghadirkan layanan terpadu yang memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai kebutuhan administrasi.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Pekalongan menyampaikan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dengan mengoptimalkan pelayanan, teknologi informasi, dan sumber daya manusia demi peningkatan mutu pelayanan publik di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekalongan yang lebih baik lagi.

Kunjungan ini diharapkan menjadi langkah awal dari berbagai kolaborasi strategis antara Kemendagri dan Pemerintah Kota Pekalongan untuk mendukung pencapaian pelayanan publik yang semakin berkualitas dan inklusif.

#DPMPTSPKotaPekalongan
#Sakpore

Hubungi Kami

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan

Jl. Jaksa Agung R. Soeprapto No. 1

Telp : 0285 - 432086
Fax : 0285 - 420428
Email : oss@pekalongankota.go.id